Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi
  1. Pelaksanan kurikulum berdasarkan KTSP kelas 9 dan kurikulum 2013 kelas VII, VIII.
  2. Melibatkan penyusun KTP Kurikulum 2013
  3. Pengaturan beban belajar
  4. Penentuan KKM
  5. Penentuan Muatan Kurikulum ( maple & muatan local )
  6. Penentuan Kriteria Ketuntasan Belajar
  7. Penentuan Kriteria Kenaikan Kelas & Kelulusan
  8. Pendidikan kecakapan hidup & berbasis keunggulan local & global
  9. Penyusunan Kalender Pendidikan
  10. Kegiatan ekstra Kurikuler
  11. Pengembangan Silabus dan RPP.
  1. Program Matrikulasi Kurikulum 2013.
  2. Peraturan Akademik
  3. Aspek Penentuan KKM
2
Standar Proses
  1. Semua  mata pelajaran memiliki RPP
  2. Beban mengajar guru lebih dari 24 jam
  3. Pelaksanaan KBM sesuai langkah-langkah pembelajaran
  4. Supervisi & PKG, SKP
  5. Memberi kesempatan guru untuk ikut work shop & pelatihan
  6. Pelaksanaan pembelajaran sesuai buku guru & buku siswa untuk kurikulum 2013, dan BSE untuk  kurikulum KTSP  2006.
  1. Buku guru belum terealisir, buku di fotocopy & soft file untuk guru.
  2. Buku siswa belum sebanding dengan jumlah siswa
  3. Menggunakan buku sumber di perpustakaan.
  4. Pelaksanaan PKG oleh kepala sekolah dan dibantu guru serumpuh.
  5. Evaluasi guru dalam proses pembelajaran dan pendampingan guru.
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa lulus diatas KKM
  2. Ketersediaan bahan ajar
  3. Penggunaan lam Komputer
  4. Penegakan tata tertib sekolah
  5. Peringatan Hari Besar Keagamaan dan Hari Besar Nasional
  6. Pembiasaan Hidaup bersih dan sehat
  7. Ibadah sholat berjamaah
  8. Latihan music hadrah
  9. Ibadah sholat dhuha
  10. Latihan Hw
  11. Ekstra kurikuler Olah Raga  ( Sepak bola, volly )
  12. TPQ, Karawitan, TIK
  13. PMR, Band. Koor
  14. Idul Qurban menyembelih ternak disekolah
  15. Ekstra TPQ
  16. Pengajian hari besar
  17. Akhirussanah
  18. Out Bond
  19. Study Wisata
    1. Majalah sekolah
    2. Penulisan karya tulis siswa
    3. Manasik haji kelas 9
    4. Manasik haji SD
    5. Lomba futsal SD
    6. Minat dan bakat kelas 9
    7. ESQ
    8. Lomba O2SN
    9. FL2SN
    10. Studi wisata
    11. Akhirussanah
    12. Wisata
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidik latar belakang pendidikannya S1
  2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan     ( FKIP )
  3. Guru memiliki kompetensi pedagogic, kepribadian, manajerial, supervise
  4. Guru memiliki SK pengangkatan GTT, GTY, DPK.
  5. Kepala sekolah pendidikan terakhir S1.
  6. Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 99 %
  7. Kelulusan siswa tiap tahun 100%
  8. Memiliki penjaga sekolah
  1. Guru yang belum S1 melanjutkan kejenjang S1
  2. Merencanakan program supervise akademik secara kontinyu
  3. Memaksimalkan tenaga perpustakaan dari guru maple
  4. Guru yang sudah berijazah S1 didorong untuk melanjutkan studi ke S2.
5
Standar Sarana dan prasarana 1.    Sekolah beradad dilokasi yang aman
2.    Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah.
3.    Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa
4.    Struktur bangunan stabil dan kokoh
5.    Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan
6.    Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
7.    Intalasi listrik 11.000 watt
8.    Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
9.    Memiliki tempat ibadah
10.  Memiliki ruang lab IPA. Lab. Bahasa,
11.  Sarana prasarana ruang kelas yang lengkap ( papan tulis, almari, papan kreatif, LCD, sound sistem.
1.   Kepemilikan IMB dalam proses
2.   Mewngusahakan Paket Kurikulum 2013
3.   Melengkapi sarana ruang perpustaakaan
4.   Membangunan gedudng baru untuk memenuhi kekurangan ruang
5.   Mengusahakan layanan olah raga yang memadai
6.   Mengusahakan kantin yang bersih dan nyaman
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki visi dan misi.
  2. Perumusan visi misi ditetapkan melalui keputusan bersama
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan.
  4. Sekolah memiliki struktur organisasi
  5. Sekolah memliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
  6. Sekolah melaksanakan ekstra kurikuler dan pembinaan prestasi
  7. Sekolah melakukan penge,mbangan kurikulum
  8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga klependidiakan sesuai dengan bidang tugas.
  9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur
  10. Evaluasi kinerja pendidik secara periodic
  1. Memberdayakan terhadap alumni
  2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
  3. Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi
  4. Meencanakan penggalian sumber dana peran serta masyarakat
  5. Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan tentang teknologi informatika ( TI )
7
Standar Pembiayaan
  1. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji.
  2. Sekolah menganggarkan untuk pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
  3. Sekolah memungut biaya pendidik sekitar 80% dari total seluruhnya
  4. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis.
  1. Menambah ruang
  2. Study banding guru / karyawan
  3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
  4. Penambahan sarpras
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru menilai siswa dalam KBM ( Ketrampilan & sikap  Kognitif setiap KD
  2. Guru menilai hasil belajar    ( Afektif psikomotorik dan kognitif ) untuk Kurikulum 2013 pada setiap akhir semester, dan kurikulum KTSP 2006 kelas IX.
  3. Teknik penilaian, meliputi tes tertulis, lesan, sikap, ketrampilan, tugas, fortofolio.
  4. Penilaian sikap meliputi : penilaian diri penilaian teman sebaya, jurnal.
  5. Penilaian ketrampilam meliputi : praktek, proyek, portofolio.
  6. Sekolah mengkoordinasikan UTS Ujian akhir semester dan US dan UN dengan membentuk panitia.
  7. Menentukan kenaikan kelas & kelulusan melalui proses rapat pleno bersama.
  8. Rata-rata kelulusan di bawah KM
  9. Sekolah menyerahkan SKHU dan Ijazah kepada setiap peserta didik yang telah lulus.
  1. Program peraturan akademik
  2. Setiap tahun peningkatan KKM
  3. Penyempurnaan format penilaian ( raport )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar